FireStats error processing pending hits: Internal error : no id for referrer http://www.aonde.com.br/aonde.php?Keywords=\"@pusdiklatmigas.com\"
BPKP REKOMENDASIKAN PEMBENTUKAN SATGAS DI KESDM
Anda Sedang Berada di :

Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral

Baner

Berita Terbaru

BPKP REKOMENDASIKAN PEMBENTUKAN SATGAS DI KESDM

E-mail Cetak PDF
Jakarta - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) merekomendasikan pembentukan satuan tugas (Satgas) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 60/2008 tentang SPIP. Hal ini diungkapkan Kepala BPKP Prof. Mardiasmo, Ak, MBA, Ph.d saat memberikan sambutan dalam acara Sosialiasi Peraturan Pemerintah (PP) No 60/2008 tentang SPIP di Lingkungan KESDM, di Jakarta.
 
“Untuk Kementerian ESDM kita sebagai koordinatornya membentuk Satgas. Mungkin mohon izin untuk eselon I buat satgas ke masing-masing Direktorat Jenderal sehingga bisa langsung diawasi,” ungkap Kepala BPKP di Jakarta, Rabu (3/11).
 
Rekomendasi pembentukan Satgas SPIP ini merupakan satu dari empat rekomendasi BPKP kepada Kementerian ESDM dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan negara dan perbaikan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian ESDM sehingga akhirnya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Untuk diketahui selama 2007-2009 Kementerian ESDM mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).
 
“Saya kira Kementerian ESDM bisa melakukan sinergi dengan kita. Bagaimana kita mengoptimalkan. Saat ini sudah WDP dan tinggal satu langkah lagi menjadi WTP,” ujarnya.
 
Adapun tiga rekomendasi lainnya dari BPKP adalah pendampingan review LK oleh BPKP atas LK KESDM sebelum diaudit BPK, kemudian KESDM agar segera menyelesaikan permasalahan yang menyebabkan belum diperolehnya opini WTP dari BPK dan rekomendasi yang terakhir adalah perlunya membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara KESDM dengan BPKP terkait penguatan good governance.
 
“Nah kami sekarang baru mencoba dengan Pak Sekjen, Pak Irjen supaya kita buat MoU dengan Kementerian ESDM. Supaya betul-betul ada landasan hukum,” papar Kepala BPKP.
 
Pada kesempatan ini Kepala BPKP juga mengapresiasi acara Sosialiasi Peraturan Pemerintah (PP) No 60/2008 tentang SPIP di Lingkungan KESDM yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Diklat ESDM) bersama Inspektorat Jenderal.
 
“BPKP merasa sangat berterimakasih kepada Kementerian ESDM, termasuk Badan Diklat esdm. Ini ide yang sangat cemerlang,” tuturnya.
 
Sementara itu Inspektur Jenderal KESDM Pudja Sunasa mengungkapkan, sudah saatnya eselon I di KESDM saling bahu-membahu guna mewujudkan opini WTP oleh BPK.
Terakhir Diperbaharui ( Minggu, 07 November 2010 23:21 )