Anda Sedang Berada di :

Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral

Baner

Berita Terbaru

BADAN DIKLAT ESDM TARGETKAN 600 DIKLAT DI 2011

E-mail Cetak PDF
Jakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badiklat ESDM) menargetkan kurang lebih 600 pendidikan dan pelatihan (diklat) pada tahun depan berdasarkan Pagu Sementara 2011. Diklat yang digelar dari Januari-Desember 2011 tersebut bertujuan mewujudkan sumber daya manusia sektor ESDM yang profesional, berdaya saing tinggi dan bermoral. Diklat dilaksanakan lima Pusat/Balai Diklat, yakni Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan (KEBT), Pusdiklat Minyak dan Gas Bumi (Migas), Pusdiklat Geologi, Pusdiklat Teknologi Mineral dan Batubara (TMB) dan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (TBT).
 
Diklat yang dilaksanakan Pusdiklat KEBT pada tahun depan, antara lain Diklat Teknis Perizinan Ketenagalistrikan Angkatan I di Jakarta selama enam hari, Diklat Teknis Audit Energi pada Bangunan Gedung Angkatan I di Jakarta selama enam hari serta Diklat Teknis Analisis Ekonomi dan Penerapan EBT Angkatan I di Pekanbaru selama enam hari. Adapun diklat yang digelar Pusdiklat Migas antara lain Diklat Inspektur Migas Tk. Pertama di Cepu, Diklat Pengawasan Pengelolaan Limbah Industri Migas di Pekanbaru selama 12 hari serta Diklat Pengelolaan atau Pengawasan Kegiatan Usaha Hulu Migas di Lampung selama 12 hari.
 
Sementara diklat yang dilaksanakan Pusdiklat Geologi, antara lain Diklat Mitigasi Bencana Gunung Api di Bandung selama 14 hari, Diklat Pelelangan WKP Panas Bumi Angkatan I di Mataram selama 15 hari serta Diklat Mitigasi Bencana Geologi di Lampung 14 hari. Kemudian Pusdiklat TMB akan melaksanakan sejumlah diklat di 2011, seperti Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Pertama pada Pertambangan Angkatan I di Bandung selama enam hari, Diklat Perencanaan Penutupan Tambang di Bandung selama enam hari, Diklat Praktik Pelaksana Inspeksi tambang Angkatan I di Bandung selama 20 hari.
 
Selanjutnya diklat yang akan digelar Balai Diklat TBT, antara lain Diklat Pengenalan Tambang Bawah Tanah di Kalimantan Selatan selama lima hari, Diklat Aplikasi GIS di Sawahlunto selama 13 hari dan Diklat Evaluasi Dokumen AMDAL untuk Kegiatan Pertambangan di Sawahlunto selama sepuluh hari.
 
Selama periode 2005-2009, Badan Diklat ESDM telah melaksanakan sejumlah penyelenggaraan diklat yang diperuntukan bagi aparatur (KESDM) dan Pemerintah Daerah/Pemda), serta industri dan masyarakat. Jumlah penyelenggaraan selama periode 2005-2009 untuk Aparatur KESDM tercatat sebanyak 398 diklat, Aparatur Pemda sebanyak 136 diklat serta Industri sebanyak 718 diklat.
 
Seperti diketahui penyelenggaraan diklat merupakan aktivitas utama yang dilakukan Badan Diklat ESDM melalui Pusat/Balai Diklat dalam rangka ikut menyiapkan tenaga sektor ESDM yang kompeten dan unggul. Informasi lebih lanjut seputar jadwal diklat 2011 bisa diunduh di situs Badan Diklat ESDM.
Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 02 November 2010 09:54 )