Anda Sedang Berada di :

Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral

Baner

Berita Terbaru

Bimtek Pengelolaan BMN demi Akuntabilitas dan Profesionalitas

E-mail Cetak PDF

Bali – Badan Diklat ESDM menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dengan tema “Kita Wujudkan Pengelolaan Barang Milik Negara yang Akuntabel dan Profesional” pada 19-21 April 2012. Dalam laporannya, Hendro Aribowo Siswo Yulianto, S.H., M.M., selaku Ketua Panitia menyebutkan peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 28 orang yang meliputi Operator SAK dan SIMAK BMN Pengelola Mess/Wisma dan Pengelola Gudang semua Satuan Kerja di Lingkungan Badan Diklat ESDM.

Materi Bimtek kali ini terdiri dari Kebijakan Sertifikasi dan Penetapan status Tanah (SIMANTAP), Sosialisasi PMK Nomor 226/PMK.06/2011 tentang Perencanaan Kebutuhan BMN, Sosialisasi PMK nomor 250/

PMK.06/2011 tentang Tata Cara Pengelolaan BMN yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan Tugas dan Fungsi Kementerian/Lembaga, Sosialisasi PMK Nomor 53 Tahun 2012 tentang Penyusutan BMN, Sosialisasi PMK Nomor 33 Tahun 2012 tentang Tata Cara Sewa BMN.

Sementara itu dalam sambutan yang turut membuka Bimtek ini, Sekretaris Badan Diklat ESDM, Ir. Bambang Gatot Ariyono, M.M. mengatakan, pengelolaan keuangan harus berlangsung sesuai dengan prinsip-prinsip good governance, yang antara lain adalah transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang diwujudkan dalam akuntansi dan laporan keuangan yang andal sesuai peraturan.

Beliau juga menyebutkan Peraturan Pemerintah (PP) buntuk menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan Barang Milik Negara atau Daerah (BMN/D), yaitu PP Nomor 6 Tahun 2006 tentang pengelolaan BMN/D. Menurut beliau, peraturan tersebut merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 48 ayat (2) dan Pasal 49 ayat (6) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Narasumber yang hadir dalam Bimtek ini di antaranya dari Kanwil KPKNL Jakarta II, Cecep Saefulloh, Sigit Bintarso, dan Laila Chairani. Sedangkan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Asep Suryadi, dan Melly Maiesta.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 28 Mei 2012 01:44 )