Anda Sedang Berada di :

Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral

Baner

Berita Terbaru

Sosialisasi Juknis Tata Persuratan Dinas dan Kearsipan

E-mail Cetak PDF

Malang – Badan Diklat ESDM menyelenggarakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Tata Persuratan Dinas dan Kearsipan (Juknis TPDK) pada 19-21 April 2012 di Malang. Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian para pegawai khususnya pengelola persuratan dinas di lingkungan Badan Diklat ESDM. Kegiatan ini juga bertujuan agar pengelolaan surat dinas dan arsip menjadi tertib dan lancar administrasi.

Peserta Sosialisasi Juknis TPDK ini berjumlah 25 orang, yang merupakan pejabat fungsional/pegawai yang melaksanakan fungsi keadministrasian tiap-tiap Unit Kerja Badan Diklat ESDM. Kegiatan ini juga diisi dengan latihan langsung membuat contoh surat dinas bagi peserta.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Ollino ini turut mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya. Narasumber yang hadir pada kegiatan ini di antaranya Ayi Endan Harier, S.S., Kementerian ESDM, yang berkesempatan menjelaskan mengenai Pedoman Tata Persuratan Dinas Kementerian ESDM. Saat menyampaikan materinya beliau mengatakan, dalam penyempurnaan Peraturan Menteri ESDM nomor 052 tahun 2006 tentang Pedoman Tata Persuratan dan Kearsipan, ada perubahan judul menjadi Tata Naskah Dinas, karena surat adalah bagian dari naskah dinas. Selain itu juga terjadi pemisahan menjadi Tata Naskah Dinas dan Tata Kearsipan. Menurut beliau, perubahan tersebut terjadi karena perbedaan pedoman surat dan arsip. “Jika surat dituju ke Menpan, maka arsip dituju ke Arsip Nasional,” jelasnya.
 

Sementara itu, M. Sya’bany, S.Ip, Fungsional Arsiparis Pusat Diklat Minerba, Badan Diklat ESDM, memyosialisasikan petunjuk teknis tata persuratan dinas dan kearsipan yang berlaku di lingkungan Badan Diklat ESDM, di antaranya tata cara penomoran dan pemberian kode surat keluar dan masuk, teknis penulisan pelimpahan wewenang, klasifikasi arsip berdasarkan masalah, penyusutan arsip, dan sebagainya.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 28 Mei 2012 08:45 )