Mitigation of Georisks, Indonesian-German Technical Cooperation

 

 

Proyek Kerjasama Teknik

Georisk-Project diimplementasikan oleh Institut Federal untuk Ilmu Kebumian dan Sumber Daya Alam (BGR) yang berpusat di Hannover, Jerman bekerjasama dengan BPSDM ESDM di Indonesia.

Proyek-proyek Kerjasama Teknik Bilateral Jerman didanai oleh Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Republik Federal Jerman dengan tujuan untuk mengembangkan kapasitas dari negara partner kerjasama (baik bagi individu, organisasi, maupun komunitas pada umumnya) melalui transfer pengetahuan dan kemampuan teknik, ekonomi, serta berorganisasi.

BGR telah mengimplementasikan proyek-proyek kerjasama teknik selama lebih dari 50 tahun di bawah Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Republik Federal Jerman dan bekerjasama dengan institusi-institusi dalam bidang ilmu kebumian dengan berlandaskan motivasi untuk “Meningkatkan Kondisi Kehidupan dengan Penggunaan Potensi Kebumian yang Berkelanjutan”. Pusat Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) adalah badan yang bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan umum tentang hal-hal berkaitan dengan geologi di Indonesia, termasuk bahaya geologi dan merupakan partner kerjasama utama dari kegiatan-kegiatan Georisk-Project.

 

Georisk-Project

Memberikan bantuan teknis kepada pelatih-pelatih di bidang Bencana Tanah Longsor, Manajemen Pencegahan Bencana, serta Penataan Ruang:

- Modul-modul pelatihan

- Pelatihan untuk pelatih (training of trainers)

- Pengembangan didaktik

 

Mendukung kerjasama antar institusi dalam bidang Mitigasi Risiko Bencana:

- Partisipasi dalam jaringan-jaringan Mitigasi Risiko Bencana

- Lokakarya

- Konferensi dan Pameran

 

Mendukung sosialisasi dan peningkatan kesadaran terhadap bahaya bencana geologi dan majemen bencana preventif:

- Materi dan Kegiatan Edukasi

 

Angka dan Fakta

Georisk-Project adalah proyek kerjasama Jerman di Indonesia yang berkontribusi dalam pencegahan bahaya risiko bencana geologi di Indonesia sejak tahun 2002. Mulai dari tahun 2015, proyek ini diimplementasikan dengan Badan diklat ESDM yang memiliki mandat untuk mengelola pelatihan-pelatihan di bidang geologi dan mitigasi bencana geologi untuk sektor pemerintahan. Badan Diklat ESDM dan pusat-pusat pendidikan dan pelatihan di bawahnya didukung dalam pengembangan konsep pelatihan mitigasi bencana geologi dan pengulasan pelatihan-pelatihan terkait kebencanaan.

Georisk-Project terlibat dalam pelatihan-pelatihan terkait Penilaian Bahaya Tanah Longsor dan Penataan Ruang Berbasis Geologi, dengan tujuan meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan pihak-pihak terkait Pengurangan Risiko Bencana.

Mitra Kerjasama

Institut Federal untuk Ilmu Kebumian dan Sumber Daya Alam Republik Federal Jerman dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM, Kementerian ESDM Republik Indonesia, dengan fokus kegiatan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi, Bandung.

Pendanaan Internasional

Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Republik Federal Jerman

Finalisasi Fase Terkini

31 Desember 2016

Tujuan Georisk-Project

Meningkatkan kemampuan perangkat pemerintah serta pemangku wewenang Manajemen Risiko Bencana terutama dalam mitigasi bencana geologi (preventif) untuk masyarakat.

 

Publikasi