Penyerahan Surat Keputusan Ketua BNSP dan Sertifikat Lisensi LSP BPSDM ESDM

JAKARTA – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyerahkan surat keputusan dan sertifikasi lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) kepada Djadjang Sukarna, Kepala Badan Pengembangan SDM ESDM, Jumat (23/12) di Gedung BPSDM ESDM, Jakarta.

 

Pemberian lisensi pada LSP BPSDM ESDM dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas SDM sektor energi dan sumber daya mineral serta untuk meningkatkan jasa pelayanan diklat di lingkungan BPSDM ESDM. “Harapan saya LSP BPSDM ESDM dapat bersinergi dengan asosiasi dan LSP lain di sektor ESDM agar dapat mewujudkan SDM yang handal dan kompeten,” ujar Kepala BPSDM ESDM.

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Ketua BNSP, Muhammad Najib. LSP BPSDM ESDM  dibentuk oleh lembaga pemerintah yaitu BPSDM ESDM dibawah Kementerian ESDM berdasarkan SK Kepala BPSDM ESDM Nomor 70/60/BDL/2016 tanggal 1 Maret 2016 tentang Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 2 BPSDM ESDM. Dibentuknya LSP untuk menjamin kompetensi peserta diklat  yang telah mengikuti diklat di BPSDM ESDM agar mampu menciptakan SDM yang berkompeten di sektor ESDM dan bisa dikelola dengan bijaksana untuk kemakmuran rakyat.

LSP BPSDM ESDM didukung oleh 5 unit satker di lingkungan BPSDM ESDM  sebagai tempat uji kompetensi. Terdapat 7 ruang lingkup dengan sembilan skema yaitu Operator Lantai Bor, Petugas Pengendali Limbah Cair, Operator K3, Pengawas K3, Auditor Energi di Industri  dan Bangunan Gedung, Manajer Energi di Industri dan Bangungan Gedung, Juru Ukur Tambang Terbuka, Juru Bor Air Tanah dan Operator Ventilasi Tambang.(rwp)