Selamat Datang

 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM (BPSDM ESDM) adalah organisasi pemerintah dibawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai unit yang sangat strategis dalam tugas dan fungsinya dengan tujuan untuk penyiapan SDM bidang ESDM yang handal, berdaya saing dan profesional melalui pendidikan dan pelatihan (vocational), serta pendidikan formal  (college).

Untuk mencapai tujuan dimaksud, BPSDM ESDM terus-menerus melakukan perubahan organisasi, dan meningkatkan kualitas pelayanan yang mencakup antara lain menjaga kualitas pelayan inti seperti tenaga pengajar, modul dan bahan pembelajaran kuliah,dan  metode pembelajaran, serta pelayanan pendukung lainnya.
  
Hingga saat ini, tenaga pengajar BPSDM ESDM terdiri dari para praktisi pemerintahan maupun swasta yang mempunyai pengalaman bidang kebijakan maupun teknis, akademisi yang proaktif mengikuti perkembangan praktikal dilapangan, serta pejabat pemerintah yang telah berpengalaman dan profesional dibidangnya. Modul diklat dan bahan pembelajaran kuliah sebagai media pengantar dalam pembelajaran disusun berdasarkan teori terkini yang dilengkapi dengan pengalaman teknis maupun manajerial dilapangan, serta informasi kebijakan, peraturan maupun ketetapan pemerintah yang terbaru.

BPSDM ESDM sebagai penyedia pelayanan pendidikan dan pelatihan, serta pendidikan formal vokasional menyediakan komposisi pembelajaran diklat dan perkuliahan yang terdiri dari 60% teori dikelas, dan 40% praktik kasus dan pemecahan masalah teknis maupun manajerial dilapangan. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran orang dewasa yang disampaikan melalui ceramah, diskusi kelas, dan simulasi teknis untuk mendapatkan pemahaman terhadap permasalahan yang dihadapi didunia kerja.